Beita Akhirat

Pengenalan Asam Basa

Bagaimanakah cara megetahui apakah suatu zat itu bersifat asam atau basa? Pengenalan suatu asam basa beresiko tinggi bila dilakukan dengan cara mencicipi karena ada senyawa kimia yang bersifat racun. Pengenalan senyawa asam dan basa dapat dilakukan menggunakan kertas lakmus dan indikator asam basa.
a.       Kertas lakmus
Ada dua macam kertas lakmus yang biasa digunakan untuk mengenali senyawa asam atau basa, yaitu kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru.

Tabel 1. perubahan warna kertas lakmus
Larutan
Kertas Lakmus
Lakmus Merah
Lakmus Biru
Asam
Tetap Merah
Berubah menjadi Merah
Netral
Tetap merah
Tetap Biru
Basa
Berubah Menjadi Biru
Tetap Biru

Dari tabel di atas dapat disimpulkan bahwa larutan asam akan mengubah warna kertas lakmus biru menjadi merah, larutan netral tidak mengubah warna pada kertas lakmus, dan larutan basa dapat mengubah kertas lakmus merah menjadi biru.

b.      Indikator Asam Basa
            Indikator asam basa adalah suatu zat yang memberikan  warna berbeda pada larutan asam dan larutan basa. Dengan adanya perbedaan warna tersebut, indikator dapat digunakan untuk mengetahui apakah suatu zat bersifat asam atau basa. Perhatikanlah warna indikator pada larutan asam atau basa berikut ini


Tabel 2. Beberapa zat indikator Asam Basa
Indikator
Warna setelah ditambahkan indikator
Larutan Asam
Larutan Basa
Larutan Netral
Fenolftalein
Tidak berwarna
Merah
Tidak berwarna
Bromtimol
Kuning
Biru
Biru
Metil Merah
Merah
Kuning
Kuning
Metil Jingga
Merah
Kuning
Kuning


Indikator yang dapat digunakan untuk mengenal sifat asam atau basa suatu larutan serta menentukan harga pH dapat digunakan indikator universal.
          
                                               
(a). warna pada indikator universal. (b). Indikator universal digunakan dengan cara mencelupkan indikator universal sampai batas warna ke dalam larutan yang akan ditentukan pH nya, akan terlihat perubahan warna pada kertas indikator. (c). kemudian cocokkan perubahan warna dengan warna indikator pada kotak. Dan dapat ditentukan pH larutan.

c.    pH Meter 
pH meter adalah suatu alat yang dapat digunakan untuk mengukur pH suatu larutan.

Gambar pH meter

Elektroda pada pH meter dicelupkan pada larutan yang akan diuji pH nya. pH meter akan menunjukkan pH larutan tersebut secara otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komen di sini

Google Hacking