Beita Akhirat

MATERI ILMU ALAMIAH DASAR PERTEMUAN 5 ALAM SEMESTA (PRODI PENDIDIKAN EKONOMI AKUNTANSI)



Pengertian alam semesta mencakup tentang mikrokosmos dan makrokosmos. Mikrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat kecil, misalnya atom, electron, sel, amuba, dan sebagainya. Sedangkan makrokosmos adalah benda-benda yang mempunyai ukuran yang sangat besar, misalnya bintang, planet, galaksi.
Galaksi merupakan kumpulan bintang-bintang yang jumlahnya 1011 atau 100 miliar, dan salah satu diantaranya adalah matahari. Matahari merupakan pusat tata surya kita. Kumpulan bintang-bintang di dalam galaksi bentuknya menyerupai lensa cembung yang pipih atau berbentuk cakram dimana garis tengahnya mempunyai panjang 100 tahun cahaya dari tebalnya 10 tahun cahaya. Matahari atau pusat tata surya kita berada pada jarak 30 tahun cahaya dari pusat galaksi. Galaksi itu beribu-ribu jumlahnya. Galaksi di mana bumi kita berinduk diberi nama Milky Way atau Bhima Sakti. Galaksi yang terdekat dengan bhima sakti adalah Andromeda. Kedua pusat galaksi tersebut berjarak 1,5 juta tahun cahaya.
Terjadinya alam semesta (kosmos) telah dipelajari oleh manusia sejak dahulu. Pada permulaan dipelajari berdasarkan legenda dari mitos. Kemudian, dikembangkan oleh orang-orang yunani kuno menjadi kosmogeni (ilmu yang mencoba memberi keterangan tentang terjadinya kosmos). Perkembangan yang pesat dimulai pada abad ke-17 dengan ditemukannya alat-alat teropong bintang dan lain-lain.


TUGAS

Petunjuk:
-          Kerjakan tugas pada kertas doble folio dengan tulisan tangan
-          Tugas dikerjakan secara individu
-          Tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 20 September 2012 kepada ketua kelas
-          Mahasiswa wajib menandatangani absen pertemuan 5 sebagai bukti sudah menyerahkan tugas, absen melalui ketua kelas.

SOAL
1.      Jelaskan jenis-jenis galaksi yang ada di alam semesta? Jelaskan ciri-ciri masing-masing galaksi!
2.      Jelaskan mengenai kosmogeni (ilmu yang mencoba memberi keterangan tentang terjadinya kosmos)?

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komen di sini

Google Hacking